Rahayu

Perayaan 17 Agustus 2020 dan Lomba Kreativitas Semangat Kemerdekaan

August 27, 2020 3:54 am | YPNUM_001

Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 yang diselenggarakan oleh Yayasan Putro Ngudi Utomo Martowiyono tetap dilangsungkan meski masih dalam masa pandemi covid 19 dengan menetapkan protokoler kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Mengheningkan cipta pada pukul 10.17 WIB dan dilanjutkan dengan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih dipimpin langsung oleh Kepala Desa Wanurejo, Bpk. Edy Suryantono. Suatu kehormatan bagi Yayasan Putro Ngudi Utomo Martowiyono atas kehadiran Kepala Desa Wanurejo yang juga sekaligus menjadi semangat dan panutan seorang pemimpin bagi murid-murid Omah Sanggar Warisan Budaya Nusantara.

Tradisi semangat kemerdekaan tidak bisa dipisahkan dengan perlombaan, yang kali ini diadakan secara daring 1 bulan sebelum tanggal 17 Agustus 2020 mengingat keadaan yang masih belum memungkinkan untuk mengadakan suatu perkumpulan besar. Perlombaan dengan tema Lomba Kreativitas Semangat Kemerdekaan tidak diadakan untuk sekecamatan Borobudur seperti tahun lalu, akan tetapi hanya untuk murid-murid Omah Sanggar Warisan Budaya Nusantara.

6 jenis lomba dengan 9 kategori yaitu Lomba tari, batik, bahasa Inggris dengan masing-masing 2 kategori, lomba karawitan, lomba bahasa Indonesia, dan budi pekerti dengan masihng-masing 1 kategori diumumkan tepat tanggal 17 Agustus 2020 setelah Upacara Bendera dilaksanakan.

Pemenang juara 1 hingga juara harapan untuk semua jenis lomba mendapatkan kuota belajar selama 5 bulan dan berbagai hadiah seperti telepon genggam, power bank, alat-alat tulis yang mendukung anak-anak belajar terutama pada saat masa pandemi ini.

Lurah Desa Wanureo, Bapak Edy Suryantono mengatakan dalam kata sambutannya sangat berterimakasih kepada Yayasan Putro Ngudi Utomo Martowiyono yang menggagas untuk diadakannya Upacara Bendera dan perlombaan semangat kemerdekaan, hal ini sangat mendidik anak-anak sebagai penerus bangsa dari segi moralitas dan menumbuhkan kepedulian dalam melestarikan budaya asli Indonesia pungkasnya.