Rahayu

5 Bab Ajaran dan Tuntunan Budi Pekerti Luhur Ngudi Utomo

Ajaran dan tuntunan Budi Pekerti Luhur NGUDI UTOMO MARTOWIYONO diajarkan adanya 5 BAB Budi Pekerti Luhur, yaitu :

I. Selalu Menanam Perbuatan Baik :

    1. Tidak boleh merugikan orang lain
    2. Tidak boleh membunuh baik secara langsung maupun tidak langsung
    3. Tidak boleh mendapatkan sesuatu atau kekayaan melalui jin, demit, setan, atau sejenisnya dan tidak boleh mendapatkan kekayaan atau mencari rejeki dengan cara yang tidak halal atau melanggar aturan-aturan yang berlaku.
    4. Tidak boleh melanggar aturan Negara dan Pancasila

II. Dengan selalu menanamkan perbuatan baik akan mendapat kelebihan atau oleh-oleh :

    1. Selamat/Keselamatan
      Selamat mempunyai arti luput, bebas, terhindar ataupun terlepas dari sesuatu yang besifat tidak baik. Dalam hal ini, kalaupun putra/i yang pernah mengalami ketidak selamatan secara jasmani (misal, kecelakaan atau musibah secara jasmani) tetapi hal ini tidak menghilangkan sama sekali pemahaman/hakikat selamat yang sejati
    2. Waspada
      Waspada mempunyai arti sikap yang hati-hati, setiap tindakan atau perilaku harus diukur dan ditimbang-timbang sesuai dengan ukuran diri (baik atau tidaknya) untuk mendapatkan hasil yang utomo supaya tidak merugikan diri sendiri maupun sesamanya (sikap waspada ini sering di kaitkan dengan suatu kejadian yang sudah kita ketahui sebelumnya).
    3. Sakti Kasar (Lahir) dan Sakti Halus (Batin)
      Sakti lahir batin ini mempunyai arti suatu kekuatan yang berasal dari hasil menanam perilaku yang baik yang menjadikan dirinya dan apa saja sebagai berkah bagi sesama. Kita harus percaya bahwa daya sakti lahir batin NGUDI UTOMO MARTOWIYONO sangat ampuh. Tetapi perlu catatan bahwa sakti kasar tidak boleh dipergunakan kalau tidak dalam keadaan terpaksa dalam rangka mempertahankan diri dari bahaya.

      • Contoh sakti kasar (sakti lahir) :
        • Putro NGUDI UTOMO MARTOWIYONO tidak boleh iri, dengki, benci, emosi, dan membelakangi Tuhan . Artinya bahwa para putro harus membawa kerukunan dan damai untuk semua orang. Tetapi apabila ada suatu keadaan bahaya yang mengharuskan (terpaksa) karena dirinya terancam oleh orang lain, apalagi tidak melakukan perbuatan yang melanggar, maka bisa membela diri dan akan selamat.
        • Contoh lain, Indonesia pada dasarnya Negara cinta perdamaian, tidak ingin ada peperangan. Akan tetapi Indonesia mempunyai tentara dan lengkap dengan persenjataan perang. Hal ni dipergunakan pada saat keadaan terpaksa atau membela diri dari suatu keadaan yang tidak baik.
      • Contoh sakti halus (sakti batin) :
        • Dengan menggunakan rasa yang baik dan selalu menanam perilaku yang baik, putro NGUDI UTOMO MARTOWIYONO diberi karunia sakti halus (sakti batin) untuk memberikan berkah kepada siapa saja yang membutuhkan. Berkah ini ampuh, misalnya untuk menyembuhkan orang sakit, dan membantu memberi jalan untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan.
        • Demikian pula jika putro Ngudi Utomo disantet, ditenung, dijengges, lewat tempat-tempat angker tetap selamat. Demikian pula pusaka-pusaka yang konon dikatakan ampuh, tidak bisa malati (mencelakakan) putro Ngudi Utomo.Kesaktian bisa dikatakan suatu dari hasil menanam perbuatan kebaikan kepada diri dan sesama.
    4. Pinter
      Pinter mempunyai arti bahwa putro NGUDI UTOMO “Pinter” dalam menjalankan kehidupan di dunia yang penuh permasalahan dengan tetap selalu berjalan di atas rel nilai-nilai budi pekerti yang luhur.
    5. Mati Sempurna di jalan Tuhan Yang Maha Esa
      Pati sampurno mempunyai arti bahwa kematian seseorang menuju pada kesempurnaan yang utama. Kesempurnaan yang utama ini didapat atau diperoleh dari sopo nggawe nganggo, sopo nandur panen(siapa menanam, dia menuai), yaitu diperoleh dari perilaku seseorang semasa hidupnya.

III. Diisi :

Yang dimaksud disini adalah diberi pengetahuan nilai-nilai keutamaan kehidupan akan kebaikan dan kebenaran sejati yang UTOMO.

IV. Cara menjalankan ajaran & tuntunan Budi Pekerti Luhur NGUDI UTOMO MARTOWIYONO :

  1. Selalu ingat kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Selalu berbuat kebaikan
  3. Melakukan Tanpa Pamrih

V. Namanya NGUDI UTOMO

Kata Ngudi Utomo mempunyai unsur dua kata, yaitu :

  1. Ngudi yang mempunyai arti: mencari, sanggup menjalani, sampai mewujud nyatakan.
  2. Utomo yang mempunyai arti: ke-utamaan, atau yang terutama. Baik saja tidak cukup, tetapi harus memilih yang terbaik dari pilihan-pilihan baik. Itu namanya baru Utomo atau Utama. Karena semua orang di dunia ini tahu soal baik, tetapi belum tentu tahu yang terbaik. Utama itu adalah diatas dari baik dan benar.